Tahun ini Danau Wisata Teluk Gelam Belum berikan Kontribusi PAD - BENDE SEGUGUK
Headlines News :
Home » » Tahun ini Danau Wisata Teluk Gelam Belum berikan Kontribusi PAD

Tahun ini Danau Wisata Teluk Gelam Belum berikan Kontribusi PAD

Written By nur on Minggu, 29 Juli 2012 | 10.29

KAYUAGUNG – Danau Teluk Gelam yang merupakan Obyek Wisata Andalan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), yang terletak di Kecamatan Teluk Gelam hingga pertengahan tahun 2012 ini belum memberikan kontribusi terhadap penerimaan Asli Daerah (PAD).
Padahal obyek wisata ini ditarget menyumbang PAD OKI pada tahun 2012 sebesar Rp. 162,557 juta, namun berdasarkan data yang ada di dinas DPPKAD OKI sampai dengan bulan Juli retribusi tempat rekreasi dan olahraga belum teralisasi sama sekali atau 0,00% dari target yang ditetapkan.
Oleh sebab itu para wakil rakyat di OKI akan melakukan evaluasi terkait belum terealisasinya pajak pada sektor retrebusi tempat rekreasi dan olahraga danau wisata teluk gelam yang dikelolah oleh pihak ketiga yaitu PT.El-jhon.
Wakil Ketua DPRD OKI Askweni mengatakan, tidak terealisasinya retribusi pada sektor rekreasi dan olahraga ini bisa jadi disebabkan belum maksimalnya petugas penagih pajak.
 “Bisa jadi petugas penagih pajak ini tidak bekerja secara maksimal sehingga retribusi pada sektor ini nihil alias tidak ada sumbangsi ke PAD OKI, atau bisa saja pembayaran nya sekali dalam setahun ketika pada akhir tahun.”ungkapnya.
Dikatakannya, tempat rekreasi dan olahraga Tuluk gelam tersebut dikelola oleh pihak ketiga padahal pada awal pembangunan wisata teluk gelam tersebut separuhnya dikucurkan melalui dana APBD OKI
“Sekarang memang dana APBD tidak lagi dialokasikan ke teluk gelam namun, pada dasarnya paling tidak harus ada sumbangsinya kepada kabupaten OKI dalam bentuk pembayaran pajak”jelasnya.
Menurutnya, Dahulu perjanjian antara pihak ketiga yang mengelola tempat tersebut dengan pemerintah oki, setiap tahunnya harus membayar retribusi paling sedikit Rp 75juta pertahunnya tapi kenyataan dilapangan berbeda
“Tahun kemarin kalau tidak salah sumbangan teluk gelam terhadap PAD oki sekitar Rp 70 jutaan ”terangnya.
Ditambahkannya, pihaknya akan segera melakukan evaluasi terkait belum terealisasinya pajak pada sektor tersebut, serta meminta penjelasan dari berbagai pihak apa yang menjadi kendala.
 “Kita butuh penjelasan dari pihak ketiga yang mengelola tersebut mengapa realisasi retribusi tersebut masih Nol”ungkapnya.
Menanggapi hal tersebut, perwakilan dari Managemen PT.El-Jhon menerangkan bahwa terkait tidak adanya sumbangan danau wisata teluk gelam tersebut terhadap PAD kabupaten OKI hal itu disebabkan karena sudah ada kontrak antara pemkab OKI dengan PT.Eljhon bahwasanya dalam kurun waktu 2 tahun pertama pihaknya tidak berkewajiban untuk membayar retribusi karena masih banyak sarana yang harus diperbaiki dan dibangun seperti pembangunan Hotel, rumah makan dan tempat olahraga lainnya.
“ Kita memang sudah ada perjanjian dengan Pemkab OKI dalam waktu 2 tahun kita tidak bayar retribusi akan tetapi pada tahun ketiga, keempat dan seterusnya kita baru dibebankan membayar retribusi setiap tahunnya, sekarang inikan belum sampai 2 tahun makanya kita belum bayar retribusinya”jelasnya.
Diakuinya, bahwa saat ini pemerintah daerah tidak lagi mengalokasikan dana untuk teluk gelam ini benar-benar murni dikelolah oleh PT.Eljhon  
“Pemerintah menganggarkan dana APBD hanya untuk pelaksanaan Jambore setelah itu tidak adalagi Alokasi dana dari APBD dan saat ini kita sedang fokus untuk pembenahan tempat wisata teluk gelam apalagi diperkirakan akan terjadi lonjakan pengunjung pada hariraya nanti”bebernya.
Sementara itu, Kepala DPPKAD OKI, Muslim MSI menyatakan, hingga semester pertama ini masih banyak pos-pos pajak yang tidak mencapai target atau masih kurang dari 50% termasuk pada sektor Retribusi Rekreasi dan Olahraga yang dikelola oleh pihak ketiga yang sama sekali belum terealisasi
“ Kami berharap kepada seluruh SKPD ataupun swasta yang berkewajiban mengelola pada pos pajak tertuntu untuk semaksimal mungkin menjalankan tugasnya jangan sampai pajak yang kita targetkan ini tidak terealisasi sama sekeli, karena ini akan berdampak terhadap pembangunan daerah”pungkasnya. (zhva)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Jadilah salah satu penggemar dari kami

Total Tayangan Halaman

Kunjungan

free counters

Comments

 
Support : Creating Website | ayank zhva | ayank zahva
Copyright © 2011. BENDE SEGUGUK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Ayank Template
Proudly powered by Blogger