Warga Pematang Panggang dan PSHT Berdamai - BENDE SEGUGUK
Headlines News :
Home » » Warga Pematang Panggang dan PSHT Berdamai

Warga Pematang Panggang dan PSHT Berdamai

Written By nur on Jumat, 22 Juni 2012 | 02.52

kedua belah pihak bersalaman tanda perdamaian disaksikan Kapolres OKI

KAYUAGUNG – Kepolisian Resort (polres) Ogan Komering Ilir (OKI) baru mengamankan satu orang diduga terlibat dalam bentrokan antara warga pematang panggang, Kecamatan Mesuji OKI dengan anggota perguruan Persaudaraan Setia Hati (PSHT) Desa Surya Adi, Mesuji OKI, yang menewaskan satu orang dari anggota PSHT.
Menurut Kapolres Ogan Komering Ilir (OKI) AKBP Agus Fatchulloh mengatakan, bahwa proses hukum terus dilakukan, siapa yang salah harus bertanggung jawab terhadap hukum.

” Saat ini kita baru mengamankan satu orang berinisial  SR, warga Pematang Panggang, saat ini masih dalam pemeriksaan, statusnya masih sebagai saksi,” ungkapnya disela Kegiatan Louncing 1 desa 1 Polisi, Rabu (20/6)

Namun demikian pihaknya tetap akan terus melakukan pengembangan, untuk berbuat seadil-adilnya, dengan mengusut kasus ini sampai tuntas.

”Dengan tewasnya satu orang korban dan beberapa orang yang luka-luka itu memang tidak mungkin hanya dilakukan satu orang, kita tetap usut kasus ini sampai tuntas,” ujarnya kemarin.

Bentrokan yang terjadi sejak minggu –Senin  (17-18/6) kemarin, akhirnya berakhir dengan damai. kedua belah pihak yang bertikai sepakat untuk berdamai. Kesepakatan damai itu setelah pihak Pemkab OKI dan Kapolres mempertemukan para tokoh masyarakat dari kedua belah pihak.

Pertemuan berlangsung di aula Kecamatan Lempuing, Selasa (19/6)  malam. Dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak bermusyawarah selama dua jam, hingga keduanya sepakat untuk mengakhiri pertikaian dan siap kembali hidup berdampingan.

Menurut Kapolres bahwa pertemuan tersebut menghasilkan 9 poin kesepakatan damai yang ditandatangani oleh Kepala Desa (kades) pematang Panggang Abdullah Kadir yang bertindak atas nama masyarakat Desa Pematang Panggang, Kecamatan Mesuji OKI dan PJS Kepala Cabang (kacab) PSHT OKI, Didi Wan Nugroho yang bertindak atas nama perguruan silat Persaudaraan Setia hati terate (PSHT) Kecamatan Mesuji OKI.

“Sembilan Poin dari isi nota kesepakatan damai itu yakni, kedua belah pihak sepakat untuk menghentikan pertikaian. Sepakat untuk melakukan perjanjian damai dan tidak lagi mengulangi aksi yang berakibat merugikan kedua belah pihak. Kemudian berjanji untuk menahan diri dan tidak melakukan provokasi terhadap masyarakat lainya,” ungkapnya.

Selanjutnya, menurut Kapolres Poin yang keempat, menyerahkan sepenuhnya proses hukum yang seadil-adilnya kepada pihak berwajib terhadap pelaku. Kedua belah pihak sepakat menjaga ketentraman dan tidak akan melakukan hal-hal yang melanggar hukum. Tidak akan melakukan tindakan anarkis yang bertentangan dengan hukum.

Kemudian atas peristiwa tersebut, dalam poin ke tujuh kedua belah pihak bersedia saling melindungi dan mengayomi baik masyarakat desa pematang panggang maupun perguruan PSHT di OKI. Pihak pelaku bersedia memberikan santunan atas adanya korban yang meninggal dunia dan luka sesuai dengan hasil musyawarah.

“ Poin yang ke 9 (terakhir) Seluruh warga baik dari PSHT maupun warga Desa pematang panggang harus menyerahkan senjata tajam yang selama ini digunakan untuk bentrok kepada Polisi,” jelasnya.

Penandatanganan nota damai itu disaksikan oleh kapolres OKI AKBP Agus Fahtulloh, Dandim 0402 Letkol Inf Manggaraja Simanjuntak, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) OKI Muslim, Camat Mesuji M Denin, Kaban Kesbangpolinmas OKI Sopian Ahmad.

Kesepakatan damai ini disambut baik oleh Bupati OKI Ishak Mekki, hidup damai inilah yang sangat diharapkan oleh Bupati OKI dan Masyarakat Oki umumnya.

”Memang sebelumnya kita terus berupaya untuk mendamaikan kedua belah pihak, dengan berkoordinasi dengan Kapolres Dandim dan pihak terkait,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, kesepakatan damai tersebut dibuat dengan kesadaran dan penuh rasa tanggung jawab dari semua pihak dalam rangka menjaga kerukunan dan stabilitas keamanan masyarakat Mesuji serta menjaga jangan sampai terjadi lagi pertikaian di Mesuji OKI.

”Kedua belah pihak menjamin tidak akan mengulangi perbuatan yang merugikan kedua belah pihak,” jelas Ishak.

Kades Pematang Panggang Abdullah Kadir, saat ditemui usai penandatanganan kesepakatan damai tersebut, mengatakan dirinya menjamin bahwa warganya tidak akan mengulangi aksi bentrokan tersebut.

” Dengan kesepakatan ini, saya jamin bahwa warga pematang tidak akan mengingkari nota kesepakatan damai itu,” ujarnya.

Hasil Kesepakatan ini menurut Kades, akan disampikan langsung kepada seluruh Kepala Dusun, tokoh masyarakat dan warga Pematang panggang.

”Hasil kesepakatan ini akan langsung kita sampaikan pada masyarakat pematang Panggang, selama ini warga juga menginginkan hidup damai,” terangnya.

Sementara itu menurut PJS Kepala Cabang (kacab) PSHT OKI, Didi Wan Nugroho, mengatakan hasil kesepakatan damai ini akan disampikan kepada seluruh anggota perguruan PSHT OKI khususnya PSHT Mesuji.

”Untuk kasus hukumnya kita serahkan kepada aparat kepolisian, kita juga sepakat untuk menyerahkan semua senjata tajam yang selama ini digunakan untuk bentrok,” ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa bentrokan pertama kali berawal saat saling ejek antara anggota PSHT dengan pemuda pematang Panggang, hingga pada hari Minggu (17/6) sekitar pukul 17.00 WIB, beberapa warga Desa Pematang panggang menyerang anggita PSHT di pasar Gajah, Desa Surya Adi Mesuji OKI.

Dari bentrokan itu ada satu orang  korban yang tewas dari anggota PSHT dengan luka bacok disekujur tubuhnya atas nama Darmansyah, selain itu ada 6 orang yang mengalami luka bacok saat ini masih dirawat di RSUD Kayuagung. Atas peristiwa itu hari Senin (18/6) sekitar puul 11.00 WIB, ribuan pendekar PSHT baik dari Surya Adi Mesuji OKI, OKU Timur dan PSHT Mesuji Lampung menyerang warga Desa Pematang panggang, atas serangan itu satu orang anggota PSHT kena luka tembak di kakinya.(zhva)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Jadilah salah satu penggemar dari kami

Total Tayangan Halaman

Kunjungan

free counters

Comments

 
Support : Creating Website | ayank zhva | ayank zahva
Copyright © 2011. BENDE SEGUGUK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Ayank Template
Proudly powered by Blogger